Temuan KPK: Usai RAT Diperiksa, Kelompok Pejabat Kemenkeu Lain akan Dipanggil

Rafael Alun Trisambodo saat di KPK sebelum memberikan klarifikasi hartanya yang tak wajar.(1/3/2023)

SintesaNews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai mengungkap temuan atas kekayaan tidak wajar pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Rafael Alun Trisambodo.

Kemarin Rabu (1/3/2023) KPK memeriksa Rafael atas dugaan kekayaan tidak wajar dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Setelah proses itu, KPK menyatakan menemukan indikasi tentang kelompok atau geng di kalangan pegawai DJP Kementerian Keuangan.

Menurut Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan pihaknya memang menerima informasi terkait keberadaan geng tersebut.

-Iklan-

Pahala mengatakan, KPK memerlukan waktu buat memahami pola kegiatan geng itu. Sebab orang-orang yang bekerja di sektor keuangan, seperti Rafael dan gengnya, sangat memahami dan lihai dalam menerapkan cara-cara mengalirkan dana.

Pahala mengatakan, geng yang dimaksud adalah kumpulan beberapa orang di Kementerian Keuangan yang saling berhubungan satu sama lain karena memiliki riwayat perjalanan karier atau pendidikan yang beririsan.

Adapun pola yang akan disoroti KPK antara lain seperti bagaimana mereka menggunakan nama orang lain untuk melakukan transaksi, sebagaimana disebutkan oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Menurut Pahala, KPK juga bakal memanggil orang-orang yang diduga berada dalam lingkaran geng Rafael Alun di Kemenkeu.

“Kita pastikan sesudah yang bersangkutan pasti ada lagi orang-orang lain yang kita kan dengar juga ada gengnya tapi kita kan perlu tahu polanya,” kata Pahala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here