Rumah Bimo Disatroni Polisi, Ayahnya Dimarahi Bupati, Bimo Minta Suaka ke Australia

Bima Yudho Saputro

SintesaNews.com – Kritik jalan berlubang di media sosial banyak didominasi oleh warga Lampung.

Kegaduhan soal kerusakan jalan ini awalnya disuarakan oleh pelajar asal Lampung bernama Bima Yudho Saputro.

Ia adalah pemilik akun TikTok @awbimaxreborn dan kini sedang menempuh studi di Australia. Ia juga diduga dilaporkan ke polisi kerena dituduh menyebar berita hoaks oleh seorang advokat asal Lampung.

-Iklan-

Setelah insiden ini, Bima diketahui justru memperoleh visa perlindungan dari Australia (Subclass 866), visa yang diberikan pihak Australia, salah satunya karena alasan pemohon mengalami persekusi di negara asal.

Rumah Bimo Disatroni Polisi

Rumah orang Bimo Yudho di Desa Ratna Daya, Kecamatan Raman Utara, Lampung Timur, didatangi aparat kepolisian dari polsek setempat.

Hal ini diungkapkan Bimo Yudho lewat Instagram Story. Menurut dia, polisi datang ke rumah orang tuanya meminta ijazah dirinya.

“Buat apa minta ijazah? ngelamar kerja gue.? Karena yang Laporin siapa, yang repot siapa, ini apa sih?” ujar Bimo Yudho.

Bimo Yudho mengungkapkan dirinya bisa kuliah di Australia itu menggunakan dana dari ibunya bukan ayahnya yang merupakan seorang pegawai negeri sipil (PNS) golongan 3.

Menurut Bimo, gaji dari PNS tidak akan mungkin bisa cukup membiayai dirinya kuliah di luar negeri. Dan kata dia, sang ayah dipanggil Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo buntut kritikannya viral di media sosial.

Menurut Bimo, gaji dari PNS tidak akan mungkin bisa cukup membiayai dirinya kuliah di luar negeri. Dan kata dia, sang ayah dipanggil Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo buntut kritikannya viral di media sosial.

“Dan Hari ini tuh bokap gue dipanggil sama Bupati Lampung Timur. Polisi dari kecamatan datang. Kayak profiling gitu si polisi ini. Profiling minta ijazah SMA rekening gue semuanya,” ujar Bimo.

Yang konyol, kata Bimo, polisi meminta data privasi dirinya. Mulai dari kartu pelajar di Australia hingga kartu debitnya.

“Udah tuh gue kirim semuanya sambil minta alamat di mana, gue kirim, semuanya minta alamat address gua di Australia, gue kirim semuanya. Ini mau ngapain sih gue mau dijemput? Gue mau dijemput perkara gue. Sakit banget sumpah,” ujar Bimo.

Bimo mengaku, inti dari pemanggilan sang ayah dan polisi datang ke kantor ibunya adalah meminta agar Bimo Yudho berhenti mengkritik pemerintah di Lampung.

“Bokap gue dibilang sama bupati enggak bisa mendidik salah mendidik anak bla bla bla. Jadi intinya gue itu nggak boleh mengkritik. Intinya gue disuruh berhenti mengkritik lampung,” papar Bimo.

Meski demikian, Bima justru mendapat dukungan dari netizen karena berani mengeluarkan aspirasinya. Tidak lama setelah videonya mulai viral, banyak netizen lain yang membagikan kondisi jalan-jalan di Lampung.

Pemda Lampung Akhirnya Perbaiki Jalan Rusak

Perbaikan jalan di Kabupaten Pringsewu akhirnya menjadi bukti perjuangan Bimo dalam menyampaikan aspirasinya.

Dalam video yang dibagikan akun @pringsewufoodies dia pun berterima kasih kepada Bimo yang telah menyinggung tentang infrastruktur di daerahnya.

“Ini nih jalannya, makasih ya Bima ya. Berkat kamu Pringsewu diperbaiki jalannya nih. Makasih Bima yah baik-baik kamu di Australi,” kata akun tersebut dikutip Sabtu (15/4/2023).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here