Partai Komunis Palestina Kecam Serangan Israel, Bemunculan Dukungan Komunis Arab

SintesaNews.com – Gelombang dukungan kepada Palestina dari partai-partai komunis di Arab bermunculan. Partai komunis Palestina mengumpulkan berbagai pernyataan dari Mesir hingga Sudan.

Partai komunis Palestina (Palestinian People’s Party atau PPP) bersuara melawan agresi militer Israel di Gaza dan Yerusalem. Situs partai tersebut juga aktif mengabarkan mengenai serangan dan korban jiwa di pihak Palestina.

Pihak partai juga menyorot sengketa di Sheikh Jarrah, Yerusalem. Sengketa itu turut menyulut konflik yang terjadi di Palestina saat ini.

-Iklan-

“Partai Komunis Mesir mengecam aksi-aksi barbar penjajahan oleh Zionis, partai menegaskan solidaritasnya kepada perjuangan dan cita-cita rakyat Palestina,” tulis Partai Komunis Mesir, seperti dikabarkan situs resmi PPP, ditulis Selasa (18/5/2021).

Partai Komunis Irak juga ikut mengecam agresi Israel terhadap Palestina. Pihak partai turut menyorot kekacauan di Masjid Al-Aqsa pada akhir Ramadhan lalu, serta tindakan pemukim ilegal Israel.

Partai Komunis Sudan juga memberikan dukungan penuh pada perjuangan rakyat Palestina di Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem. Juru bicara partai meminta agar pemerintah Sudan agar meninggalkan normalisasi hubungan dengan Israel, sekaligus mengecam aksi kriminal terhadap Palestina.

Hubungan kaum komunisme yang mendukung Palestina telah terjalin sejak lama. Tercatat negara komunis Korea Utara (Korut) sudah sejak beberapa dekade lalu mensupport Palestina dan Hamas, bahkan untuk menyediakan persenjataan perang.

Korea Utara telah mendukung gerakan pembebasan Palestina dan berbagai organisasi politik yang bertujuan sama, sejak 1988.

Pyongyang secara resmi mengakui Palestina sebagai otoritas sah dari semua wilayah yang dikuasai Israel, kecuali Dataran Tinggi Golan. Pyongyang memandang pemerintah Israel sebagai antek imperialis Washington dan Palestina sebagai orang-orang tertindas yang berjuang untuk kebebasan mereka.

Korut juga telah menjual senjata dan peralatan militer kepada kelompok-kelompok yang terlibat dalam konflik Israel-Palestina.

Secara ideologis, Pyongyang menunjukkan kredensial revolusionernya sebagai pendukung anti-imperialis dan anti-kolonialis dengan mendukung militan Palestina. Dukungan Korea Utara terhadap Hamas, sejalan dengan ideologi anti-Amerika dan anti-Barat dari rezim keluarga Kim.

Baca juga:

Donasi ke Hamas untuk Beli Persenjataan Perang dari Korea Utara, Komunis yang Cuan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here