Megawati, Jokowi dan Ganjar Mesra di Rakernas PDIP, Petunjuk Jokowi Jelas Siapa Penerusnya

SintesaNews.com – Sebuah momentum indah tercipta saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kemarin, 29 September 2023, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri nampak begitu dekat dengan dua kader terbaik PDIP, yaitu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Ganjar Pranowo. Di sela-sela acara terlihat di antara saling berbisik dan bersenda gurau. Bahkan Megawati sempat digandeng di kiri dan kanannya oleh Jokowi dan Ganjar saat menuruni panggung.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi meyakini bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo bisa menyelesaikan visi taktis membangun bangsa dalam 10 tahun ke depan.

-Iklan-

Jokowi menilai perlu visi taktis dan tidak mengawang-awang untuk memimpin Indonesia, karena tantangan besar yang akan dihadapi negara ini di masa mendatang.

“Bukan visi-misi yang terlalu bagus di awang-awang. Rencana kerja detail harus kita miliki dan saya yakin Pak Ganjar mampu menyelesaikan ini,” ujar Jokowi di podium Rakernas IV PDIP, Jumat petang.

Jokowi mengatakan presiden berikutnya yang memimpin RI harus bisa membuat rencana detail. Ia mencontohkan rencana detail untuk menegakkan kedaulatan pangan

Menurut Jokowi, presiden berikutnya harus bisa menjabarkan infrastruktur yang diperlukan untuk mewujudkan kedaulatan pangan itu. Ia mencontohkan misalnya berapa unit waduk, embung, hingga irigasi yang diperlukan di seluruh wilayah Indonesia.

Dan, Jokowi menilai Ganjar telah punya visi untuk mencapai hal itu. Ia berpesan agar koleganya sesama kader PDIP itu bisa segera bekerja setelah pelantikan apabila menjadi presiden terpilih pada 2024 mendatang.

“Tadi saya sempat bisik-bisik ke beliau. Pak Ganjar, nanti setelah dilantik besoknya langsung masuk ke kedaulatan pangan. Tidak usah lama-lama, rencananya disiapkan sekarang. Begitu dilantik langsung masuk kerja kedaulatan pangan,” ucap Jokowi.

Dalam Rakernas yang bertema ‘Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia’, Ganjar Pranowo mengatakan, pangan menjadi fokus Rakernas, karena ini masalah strategis yang butuh perhatian serius.

“Pangan adalah nafas kehidupan bangsa ke depan. Petani dan nelayan harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri, lahan subur tidak boleh dialih fungsikan,” ungkap Ganjar.

Dengan momentum yang indah ini Ketua Kornas Ganjaris Kris Tjantra semakin optimis dengan dukungan PDIP, dan petunjuk Jokowi, ditambah solidnya parpol pendukung capres Ganjar Pranowo, beserta ratusan organ relawannya, mampu mengantarkan Ganjar Pranowo ke kursi RI 1.

“Bagaimana Ganjarist dari awal terbentuk tetap selalu optimis Ganjar-lah yang mampu menjawab segala tantangan bangsa nanti baik masalah pangan, energi, dan bonus demografi, dan lain sebagainya,” ucap Kris.

“Sebagaimana sudah jelas arah petunjuk dari Presiden Jokowi, soal pangan ini Jokowi berkata dan percaya Ganjar mampu menyelesaikannya,” ujar Kris.

“Karena kedekatan dan hubungan antara Jokowi dengan Ganjar Pranowo memang sudah terjalin lama menciptakan trust yang luar biasa pada keduanya,” pungkas Kris.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut pimpinan parpol koalisi pendukung Ganjar antara lain Ketum Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO); Ketum Perindo, Hary Tanoesoedibjo; Ketua Bappilu PPP, Sandiaga Uno. Sejumlah petinggi negara yang hadir antara lain Wapres, Ma’ruf Amin; Menko Polhukam, Mahfud MD; dan Kepala BIN, Budi Gunawan. Hadir pula Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here