Kemenag RI Mendadak Cabut KMA 347 Tahun 2022, Diganti KMA 450 Tahun 2024, PKMAS Kota Semarang Ambil Sikap

Ket. gambar: Kamad dan Wakamad bidang kurikulum MA Swasta Kota Semarang, penulis yang memakai kerudung merah.

Penulis: Nurul Azizah

Madrasah di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia sudah memasuki tahun ajaran baru 2024-2025, masuk pertama kali pada hari Senin 15 Juli 2024. Bagi guru yang memiliki tugas tambahan sebagai wakil kepala Madrasah bersama Kepala Madrasah tentunya menyiapkan segala sesuatu saat libur panjang semester genap akhir 24 Juni sampai 13 Juli 2024. Kepala Madrasah dan semua wakil kepala madrasah saling bekerjasama untuk mempersiapkan siswa baru dan agenda kegiatan di tahun ajaran 2024-2025.

Tak ketinggalan pula wakil kepala madrasah bidang kurikulum, menyiapkan struktur kurikulum dan jadwal pelajaran yang mengacu pada keputusan kementerian agama Republik Indonesia yang dikemas dalam Keputusan Menteri Agama (KMA).

-Iklan-

Untuk Kurikulum Merdeka (Kurmer) sudah ada acuannya yaitu KMA No 347 tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah. KMA No 347 tahun 2022 mengacu pada undang-undang no 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 yang mengamanatkan bahwa pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.

Sebagai pendidikan ditingkat madrasah tentunya diberi kewenangan khusus untuk mengelola mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab yang menjadi ciri khas madrasah. Selain itu madrasah juga mengembangkan mapel umum yang disusun oleh kementerian Pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.

Untuk madrasah di lingkungan Kota Semarang khususnya Madrasah Aliyah baru melaksanakan kurikulum Merdeka secara serentak pada tahun ajaran 2022-2023. Acuan yang dipakai ya KMA no 347 tahun 2022.

Di Kota Semarang ada PKMAS (Paguyuban Kepala Madrasah Aliyah Swasta) yang dipimpin oleh KH. Nadlirin, M.Pd memiliki tujuan saling mensupport dan berkomunikasi serta berkoordinasi antar Madrasah Aliyah Swasta Se Kota Semarang. Jadi kalau ada masalah yang sekiranya bisa dipecahkan bersama ya saling dikomunikasikan. Tidak ada madrasah yang saling meninggalkan kesulitan madrasah satu dengan madrasah lainnya. Kompak dalam suka dan duka, saling membantu satu sama lain untuk mengatasi kesulitan yang perlu diatasi bersama.

Saat menentukan kelas X pada tahun ajaran 2023-2204 kami berkoordinasi bersama, semua Madrasah Aliyah Swasta Kota Semarang serentak melaksanakan kurikulum merdeka.

Baru mengagendakan pelaksanaan Kurikulum Merdeka untuk Tahun ajaran baru 2024-2025, kita semua dikejutkan dengan pencabutan KMA No 347 tahun 2022 dan informasi ini sampai ke Madrasah pada tanggal 10 Juli 2024. Tentunya kami semua yang tergabung dalam Paguyuban Madrasah Aliyah Swasta Kota Semarang sempat down sebentar.

Karena pencabutan KMA 347 tahun 2022 terkesan mendadak dan dipaksakan. Kurikulum sudah menyiapkan struktur dan jadwal sesuai dengan KMA no 347 tahun 2022 diganti dengan KMA 450 tahun 2024, dan semua madrasah di lingkungan Kementrian Agama harus menggunakan KMA no 450 tahun 2024 ini dan berlaku untuk semua jenjang baik di RA, MI, MTs dan Madrasah Aliyah (MA) serta MAK.

Untuk pemberlakuan KMA 450 tahun 2024 kami Paguyuban Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum Madrasah Aliyah Swasta Se Kota Semarang mengadakan rapat koordinasi untuk menentukan mata pelajaran pilihan untuk kelas XI yang memilih kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, kelompok ilmu pengetahuan sosial, atau mapel agama.

Bersama kepala madrasah dan wakil kepala bidang kurikulum rapat koordinasi di MA Al Fikri Sambiroto Semarang hari Sabtu, 20 Juli 2024 untuk menyamakan konsep dari struktur kurikulum, muatan lokal, dan pelaksanaan P5RA.

Di MA Darut Taqwa Semarang alhamdulillah sudah tertata rapi jadwal dan untuk pilihan mapel khususnya kelas XI. Kebetulan di tempat penulis bekerja memiliki tiga rombel untuk kelas XI. Kelas XI (fase F) kelas A pilihan mapelnya : Matematika tingkat lanjut, fisika, biologi dan ekonomi. Sedangkan kelas XI B dan XI C mapel pilihannya : ekonomi, sosiologi, geografi dan kimia. Karena di MA Darut Taqwa Semarang memiliki dua penjurusan untuk kelompok MIPA dan IPS. Jadi pilihan mapel kelas disesuaikan dengan tingkat kebutuhan siswa-siswi yang sedang belajar di kelas XI.

Nurul Azizah, S.Pd, M,Si wakil kepala MA Darut Taqwa Semarang bidang kurikulum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here