Kapal Terbakar di Perairan Maluku Utara, Penumpang 181 Orang, Kru 20 Orang

SintesaNews.com – Hari Sabtu tanggal 29 Mei 2021 Pukul 07.00 WIT telah terjadi kecelakaan kapal di laut 30 mil dari Pelabuhan Sasana.

Kapal terbakar saat bertolak dari pelabuhan Ahmad Yani Ternate dengan tujuan Sanana pada Hari Jumat, 28 Mei 2021, jam 17.30 WIT.

Nama kapal tersebut adalah KM Karya Indah, dengan kapasitas GT 1148. Jumlah crew kapal sebanyak 20 orang, sementara jumlah penumpangnya 181 orang.

-Iklan-

Tim penyelamat saat ini sudah bertolak ke lokasi kecelakaan kapal tersebut.

Tim SAR dikerahkan untuk melakukan pencarian dan pertolongan ke titik lokasi peristiwa, sekitar 5 mil arah Timur Laut Pulau Lifamatola. Tak jauh dari Desa Waisum dan Waisakai, Kecamatan Mangoli Utara Timur, Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Muhamad Arafah, Kepala Basarnas Ternate mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima, kapal penumpang KM Karya Indah itu mengalami kebakaran satu jam sebelum tiba di Pelabuhaan Sanana.

“Saat ini tim Rescue Unit Siaga SAR Sanana sudah diberangkatkan menuju lokasi kejadian peristiwa untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan. Estimasi Waktu tiba di lokasi pukul 10.23 WIT,” kata Muhammad Arafah, Sabtu 29 Mei 2021.

Up date

Kepala KSOP Ternate Affan Tabona, mengungkapkan 181 penumpang itu terdiri dari 22 anak-anak, 155 orang dewasa, dan 4 orang lanjut usia.

“Semua penumpang selamat,” kata Affan.

Kapal yang dinakhodai Mahmudin Lahudi itu diketahui bertolak dari Pelabuhan Ahmad Yani, Ternate, pada pukul 16.00 WIT sore kemarin. Informasi penyebab Kapal tersebut terbakar pun belum diketahui pasti.

Tim SAR masih menyisir sekitar TKP untuk mengantisipasi ada korban yang tak sempat diangkut.

“Alhamdulillah sementara tidak ada korban jiwa. Semua selamat. Tidak ada penumpang luka parah. Rata-rata hanya luka lecet, kedinginan, hipotermia, dan syok,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here