Intip Kegiatan Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MA Darut Taqwa Semarang, Humanis dan Terarah

Penulis: Nurul Azizah

Kegiatan awal siswa baru di madrasah lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia sudah dimulai yaitu hari Senin 15 Juli 2024. Demikian juga Matsama MA Darut Taqwa Semarang diawali Senin – Kamis, 15 – 18 Juli 2024. Pembukaan dilakukan oleh Kepala Madrasah Bapak Yasin Fathurrohman, S.Pd, M.Si di halaman madrasah saat penyematan tanda peserta Matsama.

Masa orientasi Matsama Tahuan Ajaran 2024-2025 merupakan kegiatan pertama pada awal pelajaran yang bertujuan untuk memperkenalkan program, fasilitas, cara belajar, konsep pengenalan diri, dan pembinaan budaya khas madrasah. Kebetulan MA Darut Taqwa Semarang adalah madrasah yang berada dilingkungan pondok pesantren Darut Taqwa yang diasuh oleh Dr. KH. Mudrik Abdullah, S.Ag, M.M. Tentunya pola asuh yang kami sampaikan ke peserta didik baru ya disesuaikan dengan pola asuh yang diterapkan di pondok pesantren, termasuk menyesuaikan dengan fasilitas yang dimiliki yayasan.

-Iklan-

Tujuan dilaksanakannya Matsama di MA Darut Taqwa memiliki fungsi sebagai kegiatan transisi agar siswa benar-benar siap secara mental untuk mengikuti proses pembelajaran di lingkungan baru.

Kami juga melaksanakan Matsama sesuai dengan petunjuk teknik (juknis) dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Tentunya kegiatan yang mengandung unsur edukatif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa baru. Tidak ada kegiatan yang sifatnya joglokan atau memberatkan bagi siswa.

Menurut pedoman pelaksanaan Matsama Tahun Ajaran 2024-2025, madrasah memiliki kebebasan dalam melaksanakan sesuai dengan kondisi, situasi dan karakteristik masing-masing madrasah. Namun prinsip-prinsip utama terkait dengan keamanan, kenyamanan dan penanaman nilai-nilai khas madrasah harus tetap dijalankan agar martabat madrasah terjaga.

Tentunya dalam pelaksanaan Matsama di madrasah kami mencakup : 1). Profil singkat madrasah (visi, misi, dan keunggulan MA Darut Taqwa Semarang). 2). Fasilitas dan infrastruktur pendukung pembelajaran. 3). Tata tertib, nilai dan norma yang berlaku. 4). Pengelolaan pembelajaran dan cara menyiapkan diri untuk belajar secara efektif. 5). Perkenalan dengan guru dan tenaga kependidikan. 6). Kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan.

Kegiatan yang banyak dan penuh makna ini dilakukan dalam empat hari. Selain itu materi tentang moderasi agama dan nilai-nilai yang ada di dalam madrasah juga disampaikan oleh salah satu narasumber.

Dalam moderasi beragama siswa diajarkan untuk memiliki jiwa yang komitmen dalam kebangsaan dengan selalu berpedoman pada empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

Kemudian siswa diajarkan sikap toleransi dengan menerima perbedaan dan menghargai pihak yang berbeda dengan selalu mengedepankan dan menghormati hak orang lain. Selain itu siswa kami juga diajarkan anti kekerasan dalam memperjuangkan kebenaran dan keyakinan. Akomodatif terhadap budaya dan kearifan lokal.

Sedangkan nilai-nilai yang terkandung dalam MA Darut Taqwa Semarang antara lain : selalu berorientasi ibadah dalam proses belajar mengajar. Siswa nantinya memiliki tata krama dan akhlak dalam pergaulan sehari-hari dan dalam bermedia sosial.

Untuk pengenalan bentuk-bentuk kekerasan fisik maupun psikis (bullying), pelecehan seksual, korban NAPZA dan kebiasaan merokok akan disampaikan oleh Mahasiswa Kedokteran dari Universitas Diponegoro (UNDIP Semarang) pada hari terakhir Matsama Kamis, 18 Juli 2024. Selain itu kakak Mahasiswa Kedokteran UNDIP juga menyampaikan materi sosialisasi ‘skrining dan pelatihan kesehatan jiwa remaja’.

Selama Matsama di MA Darut Taqwa Semarang diadakan tadarus Al Qur’an hingga khotmil qur’an (kataman) tujuannya adalah siswa yang masuk di Madrasah kami lancar membaca Al-Qur’an dengan fasih dan tajwid yang benar. Itu sebagai ciri khas dari madrasah yang kami ampu selama ini.

Semoga kedepannya madrasah kami menjadi madrasah andalan masyarakat dan tujuan dari lulusan MTs atau SMP. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan kesabaran dalam mendidik generasi muda yang cerdas, tangguh, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Jazakumullah khoiran katsiro 🙏

Nurul Azizah, S.Pd, M.Si Wakil Kepala MA Darut Taqwa Semarang bidang Kurikulum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here