Ini yang Dibahas dalam Perundingan Rusia dan Ukraina di Perbatasan Belarusia

SintesaNews.com – Delegasi Ukraina dan Rusia akhirnya bertemu di meja dialog di sebuah tempat yamg dirahasiakan dekat perbatasan Belarus, Senin (28/2/2022l. Kabar yang didapat, letak persisnya lokasi perundingan berada dekat zona eksklusi Chernobyl.

Masing-masing pihak telah mengungkapkan keinginan negaranya dalam pertikaian antara Ukraina dan Rusia.

Pihak Ukraina menuntut segera adanya gencatan senjata dan penarikan pasukan Rusia.

-Iklan-

“Delegasi Ukraina tiba di perbatasan Ukraina-Belarusia untuk mengambil bagian dalam pembicaraan dengan perwakilan Federasi Rusia,” kata Kepresidenan Ukraina dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP.

“Masalah utama dari pembicaraan itu adalah gencatan senjata segera dan penarikan pasukan dari Ukraina,” tambah pernyataan itu.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menyatakan Ukraina tak akan menyerahkan satu inci pun wilayahnya ke Rusia.

Sementara itu, jelang dialog, Rusia menyampaikan keinginan mencapai kesepakatan dengan Ukraina untuk mengakhiri konflik mereka.

“Kami jelas tertarik untuk mencapai beberapa kesepakatan sesegera mungkin,” kata ajudan Presiden Rusia Vladimir Putin, Vladimir Medinsky yang turut hadir ke Belarus untuk melakukan pembicaraan.

Di sisi lain, Kantor Kepresidenan Belarusia, yang memfasilitasi pertemuan dialog 2 negara bertikai itu, menjamin keamanan kedua delegasi. Tidak akan ada ada rudal meluncur ke lokasi perundingan. Dikatakan oleh Presiden Belarus, Aleksander Lukashenko.

“Aleksander Lukashenko telah mengambil tanggung jawab untuk memastikan bahwa semua pesawat, helikopter, dan rudal yang ditempatkan di wilayah Belarusia akan tetap berada di darat selama perjalanan, pertemuan, dan kepulangan delegasi Ukraina,” lanjut kantor tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here