Hasil Debat Capres I, Ganjar Paling Banyak Raih Sentimen Positif

SintesaNews.com – Dari percakapan di X (twitter), hasil dari Debat Capres I adalah sebagai berikut.

Anies dan Ganjar sama-sama mendapat sentimen positif 64%, dan Prabowo hanya 48%.

Sedangkan sentimen negatif tertinggi didapat oleh Prabowo 41%, Anies 27%, dan terendah Ganjar 23%.

-Iklan-

Dengan demikian Ganjar menjadi yang paling sedikit mendapat sentimen negatif dari netizen dibanding kedua capres lainnya.

Analisis Percakapan Medsos di X (twitter) saat Debat Capres 12/12/2023

Ada 4 klaster besar dalam percakapan di X kemarin malam yaitu: Pro Anies, Pro Prabowo, Pro Ganjar, dan Netral.

Klaster Netral

Dari sisi ukuran klaster, tampaknya yang paling besar adalah klaster Netral, yaitu mereka yang selama ini tidak fokus memposisikan diri mendukung salah satu paslon.

Warna merah atau sentimen negatif paling besar diperlihatkan oleh klaster Netral, terhadap capres dengan node orange, yaitu capres 02 (Prabowo).

Selain banyak membahas Prabowo secara negatif, klaster ini juga banyak membicarakan node warna biru, yaitu capres 01 (Anies).

Karena topik pembahasan mereka lebih banyak ke kedua capres tersebut, berakibat posisi mereka di peta SNA berada dekat dengan kedua klaster capres. Ganjar tidak banyak dibahas oleh klaster Netral, sehingga posisinya jauh.

Klaster Pro Anies

Sesuai dengan volume percakapan terkait capres 01 yang paling besar, ukuran klaster Pro Anies juga paling besar di antara ketiga capres, meski tampak lebih kecil dari yang Netral. Ini memperlihatkan banyaknya akun militan yang mendukung capres 01.

Klaster Pro Anies lebih banyak membicarakan Anies (node biru) secara positif, lalu tentang Prabowo (node orens) secara negatif. Tidak banyak membahas Ganjar.

Klaster Pro Ganjar

Di bandingkan klaster Pro Anies, lebih sedikit jumlah node-node besar dalam klaster ini. Yang paling banyak dibahas adalah node hijau yaitu Ganjar, dan Prabowo warna orens.

Akun-akun besar klaster ini bukannya banyak membicarakan soal Ganjar, tetapi lebih banyak membahas Prabowo. Oleh karena itu, volume percakapan tentang Ganjar jadi paling sedikit, karena top influencernya lebih tertarik membahas Prabowo.

Klaster Pro Prabowo

Di X, akun yang mendukung Prabowo tampaknya paling sedikit dibandingkan ketiga capres. Ukuran klasternya jadi paling kecil.

Tak banyak akun besar dalam klaster ini. Dua di antaranya adalah
@PartaiSocmed
dan
@Gerindra
. Mereka paling banyak membicarakan node orens atau Prabowo.

Meski ukuran klasternya paling kecil, namun karena banyak dibahas oleh klaster netral dan klaster capres 01 dan 03, akibatnya volume percakapan tentang Prabowo sangat tinggi nomor dua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here