Digitalisasi UMKM dan Optimalisasi Website Desa sebagai Wujud E-Government di Desa Tunggulsari

SintesaNews.com – Desa Tunggulsari, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati – Dalam upaya meningkatkan keterhubungan dan pelayanan kepada masyarakat, Tim II KKN Universitas Diponegoro telah meluncurkan inisiatif optimalisasi website desa. Langkah ini bertujuan untuk menghadirkan akses informasi yang lebih cepat, transparan, dan mudah dijangkau bagi seluruh warga desa.

Website desa yang diperbarui ini menampilkan perubahan signifikan dalam hal tampilan dan konten.

Warga desa kini dapat dengan mudah mengakses informasi terkait berita, agenda kegiatan, data demografi dan geografis.

-Iklan-

Selain itu juga memuat persyaratan dan alur pelayanan, berita terkini, produk-produk hukum desa, potensi-potensi desa yaitu hutan mangrove, terasi jembret, data UMKM, dan budidaya ikan tambak, serta informasi penting lainnya tentang pemerintahan desa.

Hal ini diharapkan akan membantu warga desa tetap bisa mengakses informasi tentang perkembangan terbaru di lingkungan mereka.

Salah satu fitur unggulan yang dikembangkan oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro pada website Desa Tunggulsari ini adalah data Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pendataan dilakukan dengan mengunjungi langsung UMKM yang ada di setiap RT di Desa Tunggulsari, mulai dari RT 01 hingga RT 05 dengan total yang telah didata ada 50 UMKM.

Tujuan dari digitalisasi UMKM ini adalah untuk menunjukkan potensi desa dan membantu pemasaran UMKM yang ada di Desa Tunggulsari.

Pemerintah Desa Tunggulsari bekerja sama dengan Tim II KKN Universitas Diponegoro dalam mengembangkan website yang responsif dan mudah digunakan, baik melalui komputer maupun perangkat seluler. Penyerahan website oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro kepada pemerintah Desa Tunggulsari dilakukan pada tanggal 11 Agustus 2023.

Untuk tahap selanjutnya, Tim II KKN Universitas Diponegoro berharap pemerintah Desa Tunggulsari dapat melanjutkan hasil optimalisasi website ini dengan terus melakukan update pada data UMKM, website, dan berbagai hal yang dapat menjadi sumber informasi bagi masyarakat.

Optimalisasi website desa merupakan bagian dari upaya yang lebih besar dalam menerapkan konsep e-government di tingkat lokal.

Dengan harapan langkah ini akan menginspirasi desa-desa lainnya untuk mengadopsi teknologi dalam meningkatkan keterhubungan, efisiensi, dan pelayanan kepada masyarakat.

Tim KKN II UNDIP Semarang tahun 2023 Desa Tunggulsari Tayu Pati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here