Buah Kejujuran dan Integritas, Pejabat Korup Harusnya Malu dengan Cleaning Service Ini

Penulis: Erri Subakti

Seorang petugas kebersihan atau cleaning service di sebuah mal bisa menjadi contoh teladan untuk banyak orang tak terkecuali para pejabat elit negeri ini.

Bagaimana seorang Edi Sonjaya yang berusia 29 tahun, bekerja sebagai cleaning service, kerap menemukan barang milik pengunjung mal yang terjatuh, tercecer, atau tertinggal, namun integritas sebagai petugas kebersihan dan kejujurannya sebagai pribadi, tak pernah ia ambil secuil pun barang yang bukan miliknya.

-Iklan-

Dompet atau apapun yang ia temukan selalu langsung ia berikan ke costumer care.

Kira-kira apakah Edi pernah terpikir ia bisa mendadak “mendapat rejeki” dari barang atau dompet yang ia temukan? Tak sedikit pun pikiran itu.

Terbukti saat ia menemukan dompet milik Hotman Paris yang berisi uang Rp 70 juta, Edi sama sekali tak menginginkan uang yang bukan miliknya. Padahal mungkin seorang Edi belum pernah melihat uang sebesar itu. Nilai Rp 70 juta bagi para pejabat korup, mungkin saja ada yang tutup mata “menilep”nya tanpa rasa bersalah dan menganggap itu wajar.

Namun bagi Edi, kejujuran itu paling penting. Bukan saja sebagai dedikasi pekerjaannya sebagai petugas bersih-bersih, melainkan juga sebagai pribadi yang telah dididik dengan kejujuran.

Bahkan saat Hotman Paris berterimakasih atas ditemukannya dompet miliknya oleh Edi, Hotman memberikan uang Rp 200 ribu, namun DITOLAK oleh Edi.

Hotman Paris sangat terkesan dengan sikap dan kejujuran Edi. Sampai akhirnya Hotman dan rekan bisnisnya Andrew Susanto pun bersedia mempekerjakan Edi jika Edi mau melamar kerja di tempat mereka.

Karena buah dari kejujurannya, Edi mendapat hadiah uang segepok dari rekan bisnis Hotman Paris, Andrew Susanto.

Tangis Edi pecah ketika ditanya soal prinsip kejujuran yang ia pegang.

“Saya ikhlas (membantu mengembalikan dompet Hotman Paris). Orangtua saya yang mengajarkan,” ujarnya sambil menangis.

“Orangtua saya selalu mengingatkan kejujuran itu lebih penting. Terima kasih buat orangtua yang sudah mendidik saya sampai saat ini,” kata Edi sambil menyeka air mata.

Ia mengaku akan mempergunakan uang pemberian dari sang pengusaha untuk biaya persalinan istrinya.

Dompet Hotman Paris Berisi Rp 70 Juta Hilang, Ditemukan Cleaning Service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here