Penulis: Suko Waspodo
Seks lebih menarik ketika kita memberi ruang untuk pengalaman mentah yang kurang terkendali.
Poin Penting
- Harapan idealis kita tentang seks mungkin menyakiti kehidupan seks kita.
- Poin kritis yang sering kita abaikan adalah bahwa seks yang menggairahkan adalah hal yang utama—tidak benar secara politis, bersih, atau rapi.
- Sudah waktunya untuk menyalurkan setidaknya sebagian dari energi utama yang kita ekspresikan dengan teknologi seks kembali ke dalam hubungan seksual manusia.
Kita sedang menyaksikan sebuah ironi yang menarik. Budaya Barat membuat langkah luar biasa yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam mendukung kesetaraan dan keragaman gender. Kita menghancurkan stereotip seksual, memberdayakan semua orang — terlepas dari biologi atau identitas — di kamar tidur. Bukankah seharusnya kita melakukan seks terbaik yang pernah ada?
Anehnya, kita tidak. Bukti menunjukkan bahwa orang-orang melakukan hubungan seks lebih sedikit, dan saya tidak mengetahui ada data yang menunjukkan bahwa kepuasan seksual meningkat bahkan untuk sebagian dari populasi. Faktanya, semua penelitian yang melintasi meja saya menunjukkan sebaliknya. Orang-orang kurang terhubung baik di dalam maupun di luar kamar—merasa semakin terisolasi dan sendirian. Tren ini diperburuk oleh COVID, tentu saja, tetapi sama sekali tidak berasal dari sana.
Kita bangga, sepatutnya begitu, untuk menjadi lebih memahami dan mendukung keragaman seksual. Tetapi pada saat yang sama, ada peningkatan intoleransi terhadap kekacauan hidup, keintiman, dan seks. Harapan idealis bahwa hubungan seksual dapat masuk dengan rapi ke dalam kerangka kerja yang bersih dan tertib secara politis tidak praktis. Menyiratkan bahwa seks yang menggairahkan dapat dan harus dicapai dalam paket yang bagus dan rapi, menurut saya, tidak bertanggung jawab. Poin kritis yang kita abaikan adalah bahwa seks yang menggairahkan adalah hal yang utama—itu tidak benar secara politis, atau bersih, atau terkendali.
Seks terasa memikat terutama ketika itu berasal dari suatu tempat jauh di dalam diri kita—tempat yang kurang rapi daripada pikiran sadar kita. Untuk menggunakan analogi makanan, pesta larut malam itu impulsif, tetapi sangat menarik. Kita dengan rakus dan sembrono mengambil apa yang ingin kita makan. Beberapa makanan terasa lebih enak dimakan dengan jari kita sambil berdiri di konter dapur. Menata tempat yang tertib dan beradab di meja makan, dan makan dengan garpu, tidak selalu memotongnya pada jam 11 malam. Demikian pula, seks yang beradab, seperti ngemil beradab, tidak begitu menarik. Mungkin itu adalah bagian dari alasan mengapa orang tidak lagi mengonsumsinya sebanyak itu. Setidaknya, tidak dengan satu sama lain.
Alih-alih, menjadi lebih mudah untuk mengekspresikan naluri seksual utama kita yang lebih kuat dengan teknologi. Faktanya, tidak seperti pesan budaya saat ini, teknologi sebenarnya mendorong kita untuk melibatkan sisi seksual kita yang lebih kebinatangan. Teknologi seks sangat menarik justru karena dirancang untuk memuaskan dorongan utama kita. Ini mendukung kita untuk menonton hal-hal yang tidak seharusnya kita tonton, untuk memikirkan hal-hal yang tidak seharusnya kita pikirkan. Semua tanpa harus merasa rentan atau mengambil risiko penilaian dari pasangan manusia. Pencipta teknologi seks tahu bahwa dorongan seksual utama kita dapat ditolak dan bahkan ditekan sebagai budaya, tetapi itu tidak dapat dihancurkan. Seperti yang akan dikatakan oleh terapis mana pun, pada akhirnya alam bawah sadar menemukan cara untuk mengekspresikan apa yang kita tekan. Teknologi seks berhasil sebagai jalan keluar untuk dorongan kebinatangan kita yang lebih kuat, tetapi tidak benar secara politis. Ini adalah masalah, karena seks dalam kepercayaan, hubungan intim jangka panjang menjadi membosankan ketika tidak ada lagi rasa bahaya atau misteri. Menyalurkan dorongan seksual utama dan berantakan dari seks dengan pasangan ke seks dengan pornografi akan menurunkan intensitas seksual dalam pasangan—sementara pada saat yang sama membuat seks dengan pornografi lebih menarik. Akibatnya, kita semua adalah pengamat pembersihan keintiman.
Ini bukan argumen yang menentang teknologi seks—tentu saja, teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan hubungan intim. Ini adalah argumen untuk mengakui pentingnya seksualitas yang mentah dan tidak beradab untuk hubungan jangka panjang yang memuaskan, dan bagi orang-orang untuk mengarahkan sebagian dari energi utama yang kita ekspresikan dengan teknologi kembali ke hubungan seksual manusia.
Sayangnya, ini adalah perintah yang sulit, dan membutuhkan keberanian. Ini adalah tugas yang menantang karena merasakan dan mengungkapkan keinginan mentah di hadapan orang lain terasa rentan—terutama dengan pasangan jangka panjang. Ironisnya, rasanya kurang berisiko dengan seseorang yang tidak kita kenal dengan baik—seseorang yang dengannya kita belum mengembangkan aspek kehidupan dan romansa yang beradab. Itu karena Ibu Pertiwi tidak pernah bermaksud agar kita berada dalam romansa seumur hidup. Jadi, dorongan seksual kita yang lebih utama menjadi berkurang dalam struktur hubungan yang aman kecuali jika pasangan sengaja berusaha untuk mengintensifkannya. Namun teknologi seks siap untuk mengisi kekosongan, untuk memfasilitasi ekspresi semua energi seksual yang kuat yang sangat dibutuhkan oleh hubungan jangka panjang. Saya melihat ini di ruang konsultasi dan terapi saya sepanjang waktu (dan ini adalah salah satu cara saya mengatasinya). Orang-orang saling mencintai dan mempercayai, tetapi takut untuk mengakses diri seksual mereka yang lebih rentan dan kebinatangan dalam keamanan hubungan itu.
Kesulitan-kesulitan ini nyata dan menantang, tetapi layak untuk ditaklukkan. Jika tidak, apa yang dapat saya bayangkan adalah transformasi hubungan intim yang lambat dan mantap yang tidak dimiliki antara dua manusia, tetapi satu manusia dan teknologinya.
Mari kita menjadi berani dan membawa kekacauan kembali ke seks.
***
Solo, Senin, 25 Oktober 2021. 5:06 pm
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko