Antara Anies, Prabowo dan Ganjar, Siapa Pemimpin Mumpuni dan Berpengalaman? Ya Ganjarlah

Penulis: Erri Subakti

Tak sulit untuk menilai calon presiden yang layak untuk menjadi RI 1 pada Pilpres 2024 ini, dilihat dari rekam jejak pengalaman kepemimpinan dan hasil nyatanya untuk rakyat.

Anies? Kita semua sudah bisa melihat hasil kinerjanya sepanjang menjabat sebagai Gubernur DKI selama 5 tahun ke belakang. Boleh dikatakan hanya  0,1% hasilnya dari semua janji-janji kampanyenya. Tak perlu disebutkan apa saja kegagalannya yang nampak dengan kasat mata, malah banyak kerusakan Jakarta di sana-sini.

-Iklan-

Prabowo? Apalagi…. kegagalan food estate contoh gamblangnya. Sedangkan dari sisi pertahanan negara, berbagai skandal pembelian alutsista bekas menjadi PR besar saat ia menjabat sebagai Menhan. Terlebih dengan kondisi fisik dan psikis atas penurunan fungsi-fungsi tubuhnya yang sudah renta tak membuatnya bisa layak menjadi pemimpin lagi.

Maka hanya Ganjarlah pemimpin dengan “spek” James Bond, yang jelas-jelas telah menorehkan prestasinya sebagai pemimpin yang dirasakan betul hasil kinerjanya bagi masyarakat.

Salah satu contohnya, Provinsi Jawa Tengah pada saat Ganjar mulai memerintah, jumlah rakyat miskin 14,44% orang (BPS, 2013). Dan di era kepemimpinannya, (2022) turun menjadi 10,93%. Berkurang sebanyak 873,430 orang.

Jadi kalau orang menyebut angka kemiskinan di Jawa Tengah masih tinggi memang benar, tapi penurunan persentase penduduk miskinnya merupakan yang terbesar dibanding provinsi lainnya (Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta)

Tentu berbeda dengan Jakarta yang penduduk miskinnya 3,72 % malah meningkat angkanya menjadi 4,69%. Kecil tapi angka dan persentase orang miskinnya sebenarnya naik.

Senyatanya, Ganjar Pranowo adalah Gubernur yang berprestasi tertinggi menurunkan kemiskinan.

Berhasilnya Ganjar dalam menurunkan angka penduduk miskin tak terlepas dari terobosan-terobosannya dalam pemerintahan hingga dipuji Presiden Joko Widodo. Seperti SMK Jawa Tengah yang telah berhasil mengentaskan banyak penduduk miskin menjadi naik kelas sosialnya. Lalu mengalirnya investasi-investasi asing ke Jawa Tengah yang membuka ribuan lapangan kerja. Dan tak kalah moncernya peningkatan ekspor produk-produk dan komoditas dari Jawa Tengah ke manca negara.

Inilah yang membuat Ganjar Pranowo menjadi Gubernur terbaik Indonesia dan layak jadi Presiden Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here