Ada Oknum-oknum Rusak Pembangunan Kereta Cepat, Luhut: Polisi Perketat Keamanan dan Tangkap Orangnya

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan meninjau serta melakukan uji coba LRT Jabodebek di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Jumat (31/3/2023).(Dokumentasi Humas LRT)

SintesaNews.com – Munculnya oknum-oknum yang berupaya merusak fasilitas, dengan maksud memperlambat proses penyelesaian pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, membuat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan geram.

Untuk itu ia meminta polisi untuk memperketat pengamanan di proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

“Terakhir saya ingin sampaikan, kita minta pengamanan. Jangan sampai ada yang merusak fasilitas-fasilitas yang sudah dibangun yang bisa menghambat.”

-Iklan-

“Karena kami lihat ada upaya itu dan kita sudah ada yang monitor, sudah ada yang kita tangkap,” kata Luhut di Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Luhut mengapresiasi tindakan cepat yang dilakukan oleh Polisi karena telah menangkap pelaku vandalisme megaproyek tersebut.

“Saya kira polisi juga sudah bekerja sangat cepat. Saya minta kita semua saling mengingatkan karena ini menyangkut reputasi kita juga. Ini kereta api cepat pertama di Asia Tenggara,” ucap Luhut.

Lebih lanjut Luhut mengemukaksn bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini nantinya bakal terintegrasi dengan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek. Dari Stasiun Halim Perdanakusumah hingga ke Stasiun Dukuh Atas.

“Kita sudah melihat tadi Stasiun Halim, di mana nanti penumpang dengan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung bisa transit di LRT Dukuh Atas. Dukuh Atas ini nanti juga bisa transit ke Transjakarta,” jelasnya.

Dengan demikian, secara keseluruhan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan LRT Jabodebek diharapkan mulai beroperasional pada 18 Agustus 2023 yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi ekosistem yang dimau presiden itu kita harapkan nanti bulan Agustus tanggal 18 akan diresmikan oleh presiden. Tadi, peletakkan kereta api terakhir Jakarta-Bandung sudah dilakukan. Jadi empat kilometer yang sudah dipasang karena dua ya rel kiri-kanan dan itu sudah jadi,” kata Luhut.

Dirinya memastikan proyek kedua kereta ini akan selesai sesuai target.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here