Relawan Ganjar1st Bali Bersihkan Pantai di Momen World Clean Up Day

SintesaNews.com Gianyar, Bali – Relawan Ganjar1st Bali hadir pagi hari (Sabtu, 16/9/2023) pukul 07.00 Wita di pantai Lembeng Ketewel Gianyar dalam rangka peringatan Hari Bersih-bersih Sedunia atau World Cleanup Day (WCD) yang diadakan serentak di 191 negara. Peringatan ini menyatukan jutaan sukarelawan di dunia turut serta dalam upaya untuk mengatasi krisis sampah global.

Relawan Ganjar1st Bali digawangi oleh Gde Chandra, tampak sangat antusias bersama anggota relawan lainnya membersihkan sampah-sampah disekitaran pantai yang berpasir hitam tersebut. Pantai ini juga merupakan spot terbaik surfing serta “nyore syahdu” di pinggir pantai. Jarak dari kota Gianyar sekitar 18 km, sedangkan jarak dari Denpasar sekitar 12 km, melalui jalan Bypass Ida Bagus Mantra sekitar 200 meter dari jalan utama, akses ke lokasi sangat mudah, bisa diakses dengan kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun bus pariwisata.

-Iklan-

Pada kesempatan ini juga relawan Ganjar1st Bali hadir diantara 28 partisipan undangan (World Cleanup Day Provinsi Bali) lainnya. Yang jika dicermati biasanya relawan Ganjar1st Bali ini bergerak-berkumpul di bidang politik mendukung figur bakal calon Presiden RI 2024. Tetapi kali ini sangat luarbiasa bisa menunjukan sisi bidang humanis-sosial mereka.

Sejarah Hari Bersih-bersih Sedunia mengutip laman World Cleanup Day 2023, sejarah peringatan Hari Bersih-bersih Sedunia bermula di negara kecil Eropa utara, Estonia, pada tahun 2008. Sebanyak 50 ribu orang bersatu untuk membersihkan seluruh negeri hanya dalam lima jam. Pada hari itu, gerakan sipil “bottom-up” global lahir dan menyebar di seluruh dunia. Ini menginspirasi orang-orang di seluruh dunia untuk mengikutinya gerakan bersih-bersih. Kemudian, ide tersebut telah berkembang menjadi gerakan global dengan jutaan sukarelawan. Gerakan bersih-bersih pada peringatan Hari Bersih-bersih Sedunia menyatukan jutaan sukarelawan, pemerintah, dan organisasi, di 191 negara dan wilayah, untuk mengatasi krisis sampah global yang salah kelola dan membantu menciptakan dunia baru yang lebih berkelanjutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here