Buro Happold Nyatakan JIS Tak Sesuai Panduannya

SintesaNews.com – Setelah sempat hilang dari laman portofolio project Buro Happold, arsitek yang merancang Jakarta International Stadium (JIS), konsultan desain yang berkantor di Inggris tersebut membuat pengakuan mengejutkan.

Buro Happold menyatakan desain proyek JIS tidak sesuai panduan yan telah diberikan. Pantas saja begitu banyak kekurangan di sana-sini.

Dari mulai lebar jalan akses yang tak muat dimasuki bus pemain, hingga kondisi rumput stadion yang dinilai tak sesuai standar organisasi sepak bola internasional FIFA.

-Iklan-

Buro Happold terlibat dalam pembangunan JIS karena permintaan dari Jakarta Konsultindo (Jakkon).

Pihak Jakarta Konsultindo (Jakkon) meminta Buro Happold untuk membuat panduan desain (design guidelines) serta memberikan jasa konsultasi, mulai Desember 2018 hingga Maret 2019.

Lingkup pekerjaan mencakup persiapan untuk pembuatan panduan desain (preparation of concept design guide), penilaian untuk soal teknis dan komersial (technical and commercial assessment), konsep rencana induk untuk area di sekitar stadion (concept masterplan for the surrounding area), serta peta jalan implementasi proyek (implementation roadmap).

Selama masa pembuatan panduan itu, perusahaan memastikan agar desain seluruh aspek yang berkaitan dengan standar FIFA terpenuhi.

Namun sayangnya terungkap ternyata JIS begitu banyak kekurangannya yang tak sesuai standar FIFA, hingga perlu direnovasi untuk untuk event internasional.

“Hasil tinjauan perusahaan mengidentifikasi beberapa aspek yang ternyata tidak sesuai dengan panduan konsep desain orisinal dari Buro Happold. Temuan ini telah disampaikan oleh Buro Happold dalam surat terpisah,” tegas keterangan resmi tersebut.

Baca juga:

JIS Tak Lagi Diakui sebagai Karya Sang Arsiteknya, Nama JIS Dihapus di Laman Portofolio Project yang Dikerjakan Buro Happold

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here