Efek Kesehatan Mental dari “Ghosting”

Penulis: Suko Waspodo

Apa yang terjadi ketika seseorang memutuskan Anda dari semua komunikasi?

Poin-Poin Penting

-Iklan-
  • Meskipun ghosting bukanlah hal baru, itu menjadi semakin umum karena persimpangan media sosial, teknologi, dan hubungan
  • Ada penelitian empiris terbatas tentang ghosting dan berbagai efek potensialnya pada kesehatan mental dan kesejahteraan
  • Efek negatif pada kesejahteraan mental dan emosional dari ghosting, bagi mereka yang berada di kedua sisi hubungan, bisa menjadi signifikan.

Ghosting terjadi ketika seseorang secara tiba-tiba menghentikan semua kontak dengan orang lain tanpa penjelasan. Sebaliknya, mereka tampaknya menghilang begitu saja—seperti hantu. Fenomena ini paling sering dikaitkan dengan hubungan romantis tetapi juga dapat merujuk pada pemutusan pertemanan dan hubungan kerja yang tiba-tiba dan tidak terduga.

Meskipun ghosting bukanlah hal baru, hal itu menjadi semakin umum dan terkenal sebagai hasil dari pertemuan media sosial, teknologi, dan hubungan. Pada dasarnya, teknologi telah membuat ghosting menjadi cara yang sangat mudah untuk melepaskan diri dari hubungan. Dan meskipun telah mendapat perhatian yang cukup besar dalam media populer, ada penelitian empiris terbatas pada subjek, motivasi yang mendasarinya, dan berbagai efek potensial pada kesehatan mental-emosional dan kesejahteraan.

Sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Popular Media merekrut 76 mahasiswa melalui media sosial dan brosur di kampus untuk memberikan tanggapan atas pertanyaan yang meminta mereka untuk merenungkan pengalaman ghosting mereka. Peserta, 70 persen di antaranya adalah perempuan, mendaftar ke salah satu dari 20 kelompok fokus, mulai dari 2 hingga 5 siswa. Sesi kelompok berlangsung rata-rata 48 menit masing-masing.

Beberapa mahasiswa mengakui bahwa mereka melakukan ghosting karena mereka tidak memiliki keterampilan komunikasi yang diperlukan untuk melakukan percakapan yang terbuka dan jujur. Yang lain menggambarkan tidak adanya kepercayaan diri untuk terlibat dalam komunikasi yang lebih langsung atau kecemasan sosial sebagai hambatan. Beberapa peserta memilih untuk melakukan ghosting jika mereka merasa bahwa pertemuan dengan orang tersebut akan membangkitkan perasaan emosional dan/atau seksual yang belum siap mereka kejar. Hampir setengah dari peserta penelitian melakukan ghosting karena masalah keamanan—45 persen melaporkan ghosting untuk menghilangkan diri mereka dari situasi “beracun”, “tidak menyenangkan”, atau “tidak sehat”.

Terkait dengan kejadian ghosting yang signifikan setelah berhubungan seks, budaya “hookup” dikutip oleh beberapa peserta sebagai antitesis untuk komunikasi yang terbuka dan jujur. Ironisnya, beberapa melaporkan bahwa mereka terlibat dalam ghosting sebagai cara yang lebih baik untuk mengakhiri koneksi dibandingkan dengan penolakan yang lebih terbuka. Dalam pengertian ini, ghosting dipandang (atau mungkin dirasionalisasikan) sebagai cara untuk menghindari menyakiti orang lain; untuk secara efektif melindungi perasaan mereka. Namun, data terbaru menunjukkan bahwa di A.S. orang dewasa umumnya menganggap putus melalui email, teks, atau media sosial sebagai hal yang tidak dapat diterima, dan lebih suka bahwa hubungan berakhir melalui kontak langsung.

Penelitian lain menunjukkan efek buruk yang dapat ditimbulkan oleh ghosting pada kesehatan mental dan kesejahteraan emosional. Konsekuensi jangka pendek termasuk penolakan luar biasa dan kebingungan bersama dengan harga diri yang terluka. Faktor-faktor yang berkontribusi meliputi kurangnya penutupan dan kejelasan—tidak mengetahui mengapa komunikasi tiba-tiba berhenti, membuat orang yang dibayangi mencoba memahami situasinya.

Efek jangka panjang untuk “ghostees” berpusat di sekitar perasaan tidak percaya yang berkembang dari waktu ke waktu, dalam beberapa kasus meluas ke hubungan di masa depan. Pengalaman seperti itu sering memicu penolakan yang terinternalisasi, menyalahkan diri sendiri, dan perasaan rendah diri.

Namun, ada juga konsekuensi psikologis bagi mereka yang melakukan ghosting. Sekitar 50 persen dari mereka yang melakukan ghosting terhadap orang lain mengalami perasaan bersalah atau penyesalan atau rasa bersalah. Temuan juga menunjukkan bahwa ketika orang semakin memanfaatkan ghosting sebagai cara untuk mengakhiri hubungan dan pada dasarnya mempraktikkan “serial ghosting”, itu bisa menjadi kebiasaan. Ini berpotensi menghambat pertumbuhan pribadi karena keintiman yang asli menjadi lebih asing dan “ghosters” menjadi semakin nyaman menghindarinya.

Pada tingkat praktis, ghosting sangat nyaman—jauh lebih mudah untuk memutuskan komunikasi daripada menghadapi langsung tantangan dan ketidaknyamanan yang melekat dalam mengambil tanggung jawab dan kemungkinan konfrontasi dan konflik. Konon, efek negatif pada kesejahteraan mental dan emosional, bagi mereka yang berada di kedua sisi hubungan, tidak bisa diremehkan.

***
Solo, Senin, 5 September 2022. 5:45 am
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
image: Different Brains

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here