Universitas BSI Latih Pelaku UMKM Pandai Berjualan dengan Kemampuan Public Speaking

SintesaNews.com – Universitas BSI, Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengadakan Pengabdian Masyarakat  di Koperasi UMKM Tajur Halang Makmur Bogor,  dengan tema “Pelatihan Public Speaking dan Tehnik Presentasi Guna Meningkatkan Keterampilan Anggota Koperasi UMKM Tajur Halang Makmur Bogor”, (18/9).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dosen Prodi Administrasi Bisnis, yaitu Helmy Ivan Taruna, Aan Rahman, Puji Yuniarti, dan Ratih Setyo Rini, serta beberapa orang mahasiswa. Pesertanya berjumlah 25 orang, berasal dari anggota Koperasi UMKM Tajur Halang Makmur Bogor.

“Sehubungan dengan pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3 dan 2 di Jawa-Bali maka pengabdian masyarakat kali ini masih dilakukan secara daring,” ujar salah satu dosen Administrasi Bisnis, Ratih Setyo Rini kepada SintesaNews.com.

-Iklan-

Baik panitia maupun para peserta saling terhubung melalui aplikasi zoom meeting. Materi disampaikan oleh Aan Rahman, dosen UBSI yang juga seorang  motivator dan MC di berbagai seminar.

Antusiasme peserta pengabdian masyarakat sudah terlihat dengan kehadiran para peserta pengabdian masyarakat yang tepat waktu. Setelah pembukaan acara dan perkenalan antara panitia dan peserta, kegiatan segera dilanjutkan dengan materi pokok, yaitu pelatihan public speaking dan tehnik presentasi yang disampaikan secara mumpuni oleh Aan Rahman. Materi diawali dengan bagaimana pentingnya dapat melakukan public speaking dan presentasi yang baik bagi anggota Koperasi UMKM.

Banyaknya kegiatan pertemuan yang dilakukan menggunakan zoom meeting, memerlukan kemampuan dalam berpresentasi secara jarak jauh. Ada seni yang berbeda dalam menyampaikan public speaking secara langsung dan secara tidak langsung (daring).  Pemateri memberikan contoh-contoh cara berbicara di depan umum, bagaimana mimik wajah, bagaimana perhatian seorang pemateri, dan tak kalah penting bagaimana artikulasi yang jelas dan baik. Ibu-ibu dan bapak-bapak peserta pelatihan juga mencoba menggunakan teknik presentasi yang disampaikan.

Kegiatan ini  berlangsung dari pukul 08.00 sampai dengan jam 11.00 WIB. Anggota Koperasi banyak mengajukan pertanyaan selama acara berlangsung. Di samping pertanyaaan dari para peserta pelatihan, pemateri juga memberikan beberapa pertanyaan untuk mengetahui efektifitas materi pelatihan, apakah dapat dimengerti dengan baik. Di akhir  pelatihan, Ketua Koperasi UMKM menyampaikan  terimakasih atas pelatihan yang diselenggarakan dosen dan mahasiswa UBSI dan berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dapat tetap dilakukan untuk membantu peningkatan kapasitas anggota Koperasi UMKM Tajur Halang Makmur Bogor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here