3 Prinsip Cinta untuk Menjaga Hal-Hal Menarik dalam Hubungan Anda

Penulis: Suko Waspodo

Teknik sederhana namun efektif untuk membangun hubungan yang kuat dan langgeng.

Poin-Poin Penting

-Iklan-
  • Hari Valentine dapat dilihat sebagai kesempatan untuk lebih disengaja dan membuat komitmen yang lebih dalam untuk hubungan seseorang.
  • Bahkan pasangan yang bahagia pun dapat dengan mudah jatuh ke dalam rutinitas atau pola yang tidak memuaskan.
  • Mengungkapkan penghargaan untuk pasangan dapat membantu mempertahankan hubungan di saat stres.

Setiap Februari, Hari Valentine berfungsi sebagai pengingat untuk memberi tahu pasangan romantis kita bahwa kita peduli pada mereka dan betapa pentingnya mereka bagi kita. Kita mungkin mengambil kartu ucapan klise atau sekotak coklat, atau merencanakan kencan makan malam khusus. Tetapi bagaimana jika kita mengambil langkah lebih jauh dan menggunakan kesempatan ini untuk lebih berhati-hati dan membuat komitmen untuk memperdalam hubungan kita?

Bahkan jika Anda puas dengan kebersamaan Anda, Anda dapat dengan mudah jatuh ke dalam rutinitas atau pola dan membiarkan hubungan Anda berjalan dengan auto-pilot. Jika Anda memiliki anak atau pekerjaan yang menuntut, menemukan waktu berkualitas untuk dihabiskan bersama bisa sangat sulit. Seks mungkin baik tetapi jarang. Terlepas dari berapa lama Anda telah bersama, ada baiknya upaya untuk membuat hubungan Anda menjadi lebih segar.

Bagaimana cara memulai? Para ahli di Institut Gottman telah menghabiskan puluhan tahun mempelajari pasangan menikah untuk mengungkap rahasia hubungan yang bahagia dan sehat. Mereka menggunakan metafora “rumah hubungan yang sehat” untuk menggambarkan blok bangunan dasar yang terbukti secara ilmiah untuk ikatan yang kokoh dan langgeng. Saya ingin berfokus pada tiga prinsip yang telah mereka identifikasi yang dapat Anda terapkan untuk memperkuat hubungan Anda mulai hari ini.

Berikut ini adalah cara yang telah dicoba dan benar untuk terhubung kembali dengan pasangan Anda dan menjaga gairah hubungan Anda tetap hidup dan berkembang.

Ekspresikan Kegemaran dan Apresiasi

Ya, Anda mencintai dan menghormati pasangan Anda, tetapi seberapa sering Anda memberi tahu dia? Jangan menganggap dia bisa membaca pikiran Anda atau dia sudah tahu. Dia perlu mendengarnya. Jika pasangan Anda selalu bertanggung jawab atas tugas-tugas tertentu atau memperbaiki barang-barang di sekitar rumah, akui hal itu dengan mengatakan sesuatu seperti: “Aku sangat menghargai caramu [mengisi tindakan spesifik yang dia lakukan]. Aku suka caramu menjaga kami.” Mungkin dia menjadi sukarelawan atau berusaha menyumbangkan waktu atau uang kepada mereka yang membutuhkan. Anda bisa mengatakan, “Aku sangat mengagumi caramu menjaga komunitas kita.”

Intinya adalah untuk mengidentifikasi apa yang Anda hargai dari pasangan Anda dan menyuarakannya, menghubungkan perilaku tersebut dengan dampaknya pada Anda dan orang lain. Anda dapat membuat tujuan untuk mengekspresikan kesukaan Anda setidaknya sekali sehari. Latihan ini tidak hanya akan membuat pasangan Anda merasa senang, tetapi juga membuat Anda tetap fokus pada hal positif, yang dapat membantu mempertahankan hubungan Anda di saat konflik atau stres.

Belok Menuju

Pasangan Anda mungkin mencari perhatian atau kenyamanan, secara lisan atau melalui bahasa tubuh yang tidak terucapkan. Misalnya, dia mungkin tiba-tiba meraih tangan Anda atau membagikan detail tentang harinya. Itulah yang disebut Gottman sebagai “tawaran” untuk koneksi atau dukungan. Kuncinya adalah tetap mengikuti tawaran tersebut dan beralih ke pasangan Anda sebagai tanggapan, yaitu menerima dan meremas tangannya atau mengatakan sesuatu seperti, “Benarkah? Ceritakan lebih banyak tentang itu.”

Ketika Anda membuat komitmen untuk berpaling kepada pasangan Anda daripada mengabaikan sinyalnya atau menolaknya, Anda mengkomunikasikan bahwa Anda terbuka dan menerima kebutuhannya. Jika pasangan Anda memberi tahu Anda tentang sesuatu yang terjadi padanya di tempat kerja atau tentang tujuan yang dia capai, inilah saatnya untuk meletakkan telepon, mematikan TV, dan memberi dia perhatian penuh dan tidak terbagi. Anda dapat memperkuat ini dengan secara fisik menoleh ke arah pasangan Anda dan melakukan kontak mata. Inilah kesempatan Anda untuk mendengarkan dan membuat orang yang Anda cintai tahu bahwa Anda mendengarnya. Jika pasangan Anda bermasalah, Anda dapat memvalidasi perasaannya dengan mengatakan, “Kedengarannya sulit” atau “Maaf, kamu sangat frustrasi dengan apa yang terjadi.” Tidak perlu menyelesaikan masalah; berempati saja. Kebiasaan ini akan mendorong pasangan Anda untuk menanggapi dengan baik saat Anda mencari dukungan atau pengakuan.

Salam Positif

Mengekspresikan rasa suka dan berbalik ke arah pasangan Anda membangun hal positif. Dengan memutuskan untuk menonjolkan hal-hal positif tentang pasangan Anda, Anda memfokuskan perhatian Anda pada kualitas dan kontribusinya yang baik terhadap hubungan, bukan pada hal-hal negatif. Sangat mudah untuk menyadari apa yang tidak dia lakukan atau mengkritik hal ini atau itu, tetapi perspektif negatif hanya merusak ikatan Anda. Sementara sebagai manusia, kita mungkin terprogram untuk mencari apa yang salah untuk melindungi diri kita sendiri, kita tidak bisa membiarkan kecenderungan itu menenggelamkan kebaikan.

Mengembangkan penghargaan positif untuk pasangan Anda bukanlah langkah pasif tetapi upaya aktif. Apa yang paling Anda hargai dan kagumi dari pasangan Anda? Pastikan untuk membawa karakteristik atau perilaku tersebut ke dalam fokus. Biarkan hal-hal kecil meluncur dan beri pasangan Anda keuntungan dari keraguan jika dia melakukan kesalahan. Prinsip ini akan mengisi sumur kepositifan yang bisa Anda andalkan saat konflik muncul. Itu juga dapat menciptakan budaya positif dalam hubungan yang juga menguntungkan Anda.

Prinsip-prinsip ini mungkin tampak sederhana tetapi merupakan teknik yang efektif untuk membangun hubungan yang kuat dan langgeng. Saya sering memberikan pekerjaan rumah kepada klien untuk mengungkapkan rasa hormat yang positif setidaknya sekali sehari, dan kami dapat dengan cepat melihat bagaimana hal itu menciptakan perubahan dalam perilaku dan perasaan mereka terhadap satu sama lain.

***

Solo, Selasa, 14 Februari 2023. 1:14 pm
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here