3 Cara untuk Mengesankan Ketertarikan Romantis Baru

Penulis: Suko Waspodo

Anda telah melihat seseorang yang memiliki potensi. Bagaimana Anda membuat bola menggelinding?

Poin-Poin Penting

-Iklan-
  • Mengekspresikan ketertarikan romantis pada dasarnya adalah tindakan yang rentan.
  • Salah satu cara terbaik untuk memahami apa yang orang lain rasakan adalah dengan membayangkan bagaimana perasaan Anda dalam situasi yang sama.
  • Bertindak secara otentik adalah salah satu pilar kebahagiaan.

Banyak orang datang ke terapi mencari bantuan dengan kehidupan kencan mereka. Mereka mungkin mengatakan hal-hal seperti ini:

“Aku tahu ada percikan di sana, tetapi bagaimana caraku menjalankannya?”
“Saya pasti orang terburuk di dunia dalam membuat langkah pertama.”
“Mengapa saya tidak bisa lebih berani dalam kehidupan kencan saya?”

Di sini, saya akan berbicara tentang tiga hal yang dapat Anda lakukan ketika Anda bingung bagaimana terlibat dengan minat romantis yang baru.

1. Rangkullah Kerentanan

Mengekspresikan atau mengisyaratkan ketertarikan romantis adalah tindakan yang secara inheren rentan — itulah sebabnya mereka menyebutnya “menempatkan diri di luar sana”. Alih-alih menghindar dari perasaan rentan, cobalah yang terbaik untuk menerimanya. Psikolog menyebutnya sebagai reframe kognitif. Ini adalah teknik yang dipelajari dengan baik yang digunakan untuk membantu orang mengelola emosi yang luar biasa, antara lain.

Untuk membantu Anda membingkai ulang perasaan rentan Anda, ingatkan diri Anda bahwa kupu-kupu di perut Anda adalah pertanda baik—itu berarti Anda masih hidup dan sehat. Merupakan hadiah untuk dapat merasa gembira dengan minat cinta baru, terlepas dari hasilnya.

Perlu juga diingat bahwa perasaan rentan Anda tidak sepihak; target romantis Anda mungkin menekan perasaan yang sama.

Psikolog akan memberi tahu Anda bahwa salah satu cara terbaik untuk memahami apa yang dirasakan orang lain adalah dengan membayangkan bagaimana perasaan Anda dalam situasi yang sama. Jenis penalaran ini, kadang-kadang disebut proyeksi egosentris, bekerja karena orang jauh lebih mirip daripada berbeda. Tentu, ada perbedaan kepribadian, perbedaan budaya, dan perbedaan keyakinan dan sikap. Tetapi, secara umum, hal-hal yang membuat Anda senang, sedih, marah, santai, dan kesal adalah hal yang sama yang membuat orang lain merasa demikian.

Kita semua peka terhadap lingkungan sosial kita dan hubungan dengan orang lain. Kita semua pernah merasa diremehkan, malu, bangga, dan rentan sebelumnya. Jarang sekali seseorang mengalami emosi yang tidak dimiliki orang lain.

Mengakui bahwa Anda berdua kemungkinan besar mengalami perasaan rentan dapat membantu menjernihkan suasana dan membuka jalan bagi dialog yang jujur ​​dan menyegarkan.

2. Pertahankan Hidup Anda Bergerak

Sama seperti penasihat keuangan Anda mungkin memberi tahu Anda untuk tidak meletakkan semua telur keuangan Anda dalam satu keranjang, aturan yang sama berlaku untuk kehidupan kencan Anda.

Sangat bagus untuk mengidentifikasi minat romantis. Lebih baik lagi ketika Anda mengumpulkan keberanian untuk terlibat dengan orang itu. Namun, tidak sehat untuk menghentikan hidup Anda di jalurnya untuk melihat apakah ketertarikan itu berbalas.

Jangan merencanakan hidup Anda di sekitar apa yang mungkin atau mungkin tidak. Jangan periksa media sosial Anda 50 kali sehari untuk melihat apakah Anda telah di-ping. Jangan melanggar rencana yang telah dibuat sebelumnya dengan teman dan keluarga dengan harapan sesuatu akan terwujud dengan orang ini.

Alih-alih, tetap jalani hidup Anda dan biarkan takdir memutuskan apakah itu memang seharusnya terjadi. Anda tidak hanya membantu diri Anda sendiri untuk kesehatan mental, tetapi Anda juga menunjukkan kemandirian kepada orang ini, yang merupakan kualitas yang menarik dalam dirinya sendiri.

3. Jadilah Diri Otentik Anda

Penting juga untuk selalu menjadi diri sendiri saat terlibat dengan minat romantis yang baru. Jangan pernah mencoba menjadi seperti yang Anda pikir mereka inginkan.

Psikolog akan memberi tahu Anda bahwa bertindak secara otentik adalah salah satu pilar kebahagiaan.

”Singkatnya, otentisitas berarti jujur ​​pada diri sendiri,” kata psikolog Petra Kipfelsberger dari University of St. Gallen di Swiss. “Ada banyak penelitian keaslian yang menunjukkan pentingnya itu untuk kesejahteraan.”

Kesimpulan

Menempatkan diri Anda di luar sana terkadang tampak seperti tugas hidup atau mati. Tetapi tidak. Lain kali seseorang menarik minat romantis Anda, cobalah (1) rangkul perasaan rentan Anda, (2) libatkan sambil menjaga hidup Anda tetap bergerak, dan (3) dekati orang tersebut dengan rasa keaslian yang kuat.

***
Solo, Sabtu, 24 September 2022. 2:12 pm
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here