2024: Betulan Indonesia Perlu Koalisi Perubahan Antitesa Jokowi?

Penulis: La Ode Budi

Stadion Lebak Bulus, homebase Persija dipakai jadi depo MRT. Gantinya adalah adalah stadion BMW (Bersih Manusiawi Berwibawa) di Jakarta Utara. Ground breaking oleh Jokowi. Ditingkatkan jadi internasional (nama jadi JIS), gunakan dana PEN (Pemuligan Ekonomi Nasional) dari pemerintah pusat. Masalahnya, daya dukungnya kurang dipikir, utamanya parkir dan jalan akses. Menurut FIFA: tidak layak. Dewa konser jadi buktinya. Horor pulangnya. Sampai hari ini tidak digunakan. PT. Jakpro tanggung penyusutan dan operasional Rp 200 miliar per tahun. Persija tidak sanggup sewa. Tanding atau konser internasional? GBK jelas lebih dipilih.

Taman Ismail Marzuki, dipugar jadi internasional. Seniman TIM protes. Siapa yang mau pakai (siapa sanggup sewa)? Mereka merasa dipinggirkan. Sampai hari ini kita tidak tahu, kegiatan berkesenian di sana apa? PT Jakpro menanggung biaya penyusutan dan operasional tiap tahun. BUMD rugi, makin rugi.

-Iklan-

Sungai dari normalisasi jadi naturalisasi. PUPR tidak bisa kerja untuk lebarkan sungai, karena pembebasan lahannya tidak dikerjakan pemda DKI. Ganti kebijakan “air tidak dialirkan ke laut, masukan ke dalam tanah”. Hasilnya, jalan-jalan dibolongin.

Penataan daerah kumuh dengan membangun rumah sewa murah tapi fasilitas hidup lengkap, diganti jadi kepemilikan (ini masalah kepedulian), DP 0%, lalu 0 rupiah. Sasaran berubah dari rakyat kebanyakan, menjadi yang pendapatan Rp 7 juta ke atas. Target ratusan ribu, realisasi ribuan. Mark up pembelian tanah, Dirut BUMD jadi tahanan KPK. TSK katanya mungkin bertambah (masih geledah-geledah).

Jalur sepeda ratusan miliar, banyak kecelakaan (orang tidak antisipasi mendadak ada pembatas di depan). Lebih banyak dipakai motor daripada sepeda. Pegawai Dinashub saja tidak pakai sepeda.

Rumah Sehat? Silahkan lanjutkan sendiri.

Kesimpulan: KONSEP PEMBANGUNAN HARUS DIDUKUNG SAINS. Kalau tidak, bagus di narasi, gagal di kenyataan.

Betulan Indonesia perlu Antitesa Jokowi?

(10/5/2023)

 

KIBAR INDONESIA
#Rakyat_BelaJokowi
#7RekamJejak_PenerusJokowi
#No. 3_ TipeEksekutor
#2024Kibar_KawalBangsa
#KibarIndonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here